I, ROBOT

Tuesday, February 23, 2010

I, ROBOT . “I” mengandung arti Intelligent, Ideal dan Incredible.
Film ber-genre science fiction ini diproduksi pada  pertengahan tahun 2004 tepatnya 16 juli 2004. Diproduksi oleh Twentieth Century-Fox Film Corporation dan di sutradarai oleh Alex Proyas. I, ROBOT menyuguhkan penampilan apik dari Will Smith(Del Spooner), Bridget Moynahan(Susan Calvin), Alan Tudyk(Sonny), James Cromwell(Dr.Alfres Lanning).
Film ini sangat mengedepankan interaksi manusia dan komputer (robot). Berlatar belakang kota Chicago tahun 2035, dimana pada tahun tersebut banyak sekali robot yang sudah berkembang sehingga dapat membantu melakukan pekerjaan  manusia. Del Spooner (Will Smith) adalah seorang detektif bagian pembunuhan Polisi Chicago, yang membenci robot (padahal tangan sebelah kirinya juga robot..hehe). Del dikirim untuk menyelidiki kematian Dr Alfred Lanning (James Cromwell), seorang ilmuwan di US Robotika, yang jatuh keluar dari jendela kantor (menurut saya ini bunuh diri..n_n).
Del memiliki perasaan bahwa temannya Dr. Alfred Lanning dibunuh, dan ia perlu mencari apa yang sebenarnya terjadi. Dengan bantuan Susan Calvin (Bridget Moynahan), mereka berdua bekerja sama untuk menemukan jawaban atas misteri kematian Dr. Alfred Lanning. Del mempunyai dugaan bahwa robot baru NS-5 (lebih dikenal dengan nama sonny) lah yang membunuh Lanning, ini jelas melanggar Hukum Robotika yang ditanamkan pada chip dikepala robot oleh pembuatnya (Dr.Alfred Lanning). Jika benar demikian, maka distribusi massa NS-5 robot akan berhenti, dan para robot akan memberontak serta berusaha menguasai perusahaan US Robotics.

Ketiga Hukum Robotika tersebut adalah :
  • Satu, mereka tidak bisa melukai manusia atau, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti. 
  • Dua, mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan oleh manusia selama perintah seperti itu tidak bertentangan dengan hukum satu. 
  • Tiga, mereka harus mempertahankan diri selama pertahanan seperti itu tidak bertentangan dengan undang-undang satu atau dua.
Akhirnya Robot-robot NS-5 memberontak dan mencoba untuk menguasai perusahaan US Robotics .Del (Will Smith) menyimpulkan bahwa satu-satunya cara adalah dengan memusnahkan VIKI(Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang dapat mengendalikan semua NS-5.
Sonny (salah satu robot NS-5) membuktikan kesetiaan kepada umat manusia dengan membantu Del (Will Smith). Mereka berhasil menghancurkan inti komputer, melepaskan VIKI’s kontrol. NS-5 kembali normal dan infrastruktur Chicago dapat diaktifkan kembali.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari film ini adalah kemajuan teknologi di masa mendatang sangatlah luar biasa. Manusia dan robot dapat hidup berdampingan, robot banyak membantu kehidupan manusia karena sudah dibekali kecerdasan buatan oleh pembuatnya.
Dari segi Interaksi Manusia dan Komputer disini terlihat sangat nyata, robot dan manusia dapat berkomunikasi dengan baik. Apabila teknologi yang sangat luar biasa itu kita gunakan untuk tujuan dan maksud yang baik maka akan sangat membantu kehidupan manusia, tapi jika kita gunakan untuk hal yang tidak baik maka teknologi tersebut dapat menjadi bencana bagi kehidupan manusia.

Photobucket

0 komentar:

Post a Comment