Panda Cloud

Wednesday, May 18, 2011

Panda Cloud adalah aplikasi antivirus berbasis cloud computing yang dirilis oleh perusahan Spanyol Panda Security. Perusahaan yang terkenal dengan Panda Internet Security dan Panda Antivirus ini mencoba memperkenalkan metode baru yang belum pernah ada sebelumnya. Aplikasi yang dinamakan Panda Cloud Antivirus ini ditempatkan di lingkungan yang disebut dengan cloud. Aplikasi ini bersifat gratis.

Cloud computing itu sendiri adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputasi dan pengembangan berbasis internet. Cloud computing merupakan sebuah lingkungan yang dirancang bagi para pengguna untuk dapat mengakses aplikasi dari berbagai perangkat yang terhubung dengan internet dari belahan dunia manapun yang secara drastis mengurangi tenaga untuk memproses (procesor) dan meningkatkan produktivitas.

Panda Cloud Antivirus menggunakan dua metode baru, yaitu :


   1. Automatic detection system dan real time yang berjalan dari langsung dari cloud.
   2. Penggunaan ultra-lightweight thin-client agent yang berfungsi memindahkan seluruh proses kerja antivirus dari PC ke server pusat.

Automatic detection system disini menggunakan teknologi yang disebut Panda Collective Intellegence. Pada teknologi ini kumpulan data yang berjalan secara online akan memproteksi komputer dari ancaman virus, malware, rootkit, trojan, dll. Karena berjalan di internet maka Panda Cloud tidak memerlukan proses update definisi virus. Teknologi Panda Collective Intellegence tersebut lah yang akan mengumpulkan definisi virus ter-update dari komputer pengguna aplikasi tersebut.


Pihak panda menegaskan bahwa aplikasi ini  dapat mendeteksi virus dengan sangat cepat dan prosesnya juga tidak membebankan komputer pengguna karena hampir semua proses berjalan pada server pusat.

Satu-satunya kelemahan aplikasi ini yaitu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Sumber : http://www.bhinneka.com/bpost_detail/panda_cloud___antivirus_berbasis_cloud_computing.aspx, http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan


Photobucket

0 komentar:

Post a Comment