Musik digital dan peluang usahanya

Sunday, October 24, 2010


Membuat musik tanpa alat musik? Ya, itulah musik digital. Menurut Wikipedia musik digital adalah harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman konvensional maupun suara sintetis yang disimpan dalam media berbasis teknologi komputer. Atau dalam bahasa sehari-harinya musik yang dibuat dengan komputer.

Pada awalnya musik dapat kita nikmati melalui piringan hitam yang diputar dengan Gramophone, kemudian melalui kaset yang diputar dengan tape maupun walkman. Lalu berkembang lagi ke CD, VCD, DVD yang diputar dengan CD player/discman dan sekarang Musik Digital diputar dengan MP3 Player/ iPod.

Musik Digital menggunakan sinyal digital dalam proses reproduksi suaranya. Sebagai proses digitalisasi terhadap format rekaman musik analog, lagu atau musik digital mempunyai beraneka ragam format yang bergantung pada teknologi yang digunakan, yaitu :

•             MP3(MPEG, Audio Layer 3)
•             WAV(Windows Audio Video)
•             AAC(Advanced Audio Coding)
•             Windows Media Audio (WMA)
•             Ogg Vorbis
•             Real Audio
•             MIDI(Musical Instrument Digital Interface).

Nah, itu tadi sekilas pandang tentang musik dan perkembangannya, sekarang kita akan melihat musik digital dari sisi bisnisnya.


Untuk membuat musik digital tentunya komputer yang kita gunakan harus dilengkapi dengan software-software musik. Salah satunya adalah peranti lunak bernama MIDI (Musical Instrument Digital Interface). MIDI disini berperan sebagai player atau lebih tepatnya yang menghasilkan nada-nada musiknya seperti suara gitar, bass, drum, dll. Ada lagi software yang berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan semua nada yang dihasilkan oleh MIDI, contohnya: Cubase, Nuendo, SONY Soundforge. Dan masih banyak lagi software-software pendukungnya. 

Cuma pake software aja? Ya nggak juga, kita juga perlu skill. Skill disini maksudnya adalah kemampuan kita untuk mengoperasikan software-software itu dan juga bagai mana kita mengolahnya sedemikian rupa, dan pastinya semua itu butuh ketelitian dan kerja keras.

Terus dimana sisi bisnisnya? Yang pasti banyak. Bisa kita lihat sudah banyak sekali developer atau produsen software-software musik, hardwarenya juga. Kemudian kalau kita amati banyak juga yang memperdagangkan jasa dalam musik digital seperti jasa penyewaan atau pembuatan musik digital (studio digital recording), ada lagi jasa kursus yang menawarkan pelatihan pembuatan musik digital. Dan tentunya disini juga menyertakan peran internet sebagai media promosi (web).

Untuk lebih realnya saya menyertakan satu artikel dari musiktek yang merupakan spesialis untuk musik digital. 


MUSIKTEK: PELUANG USAHA MUSIK YANG MENJANJIKAN

Bidang usaha kursus musik memang bukan bidang yang jarang ditemui di Indonesia. Beberapa brand kursus musik telah menawarkan kesempatan kepada publik dan calon investor untuk memiliki usaha dengan sistim franchise atau waralaba.

Namun waralaba bidang usaha musik ini tidaklah sepopuler bidang usaha pendahulu waralabanya, yakni waralaba makanan dan minuman yang saat ini memberikan ratusan pilihan usaha waralaba. Padahal masih banyak area dan kota-kota di Indonesia yang memiliki potensi pasar nyata yang besar dalam bidang musik.
Selain itu, musik juga merupakan sesuatu yang bisa dipelajari oleh semua kalangan dan segala umur, baik hanya sekedar hobi atau untuk dijadikan profesi.

Dalam mempelajari musik ataupun vokal, banyak pilihan yang dapat diambil seseorang, misalnya belajar bermain piano, biola, gitar, drum, olah vokal, dll. Namun musik ternyata tidak berhenti hanya di situ saja. Ternyata ada hal menarik lain yang dapat dijelajahi dan dipelajari lebih jauh dalam bidang musik.

Inilah yang disediakan oleh MusikTek, yakni bidang digital music atau musik digital. Musik digital adalah musik atau lagu yang dibuat dengan menggunakan perangkat digital, seperti komputer (PC atau laptop), software musik, dan MIDI controller untuk membantu proses pengerjaan lagu tersebut. 


Sehingga dalam proses membuat musik atau lagu, seseorang tidak mutlak harus memiliki keahlian memainkan alat musik tertentu. Dan lagi, perangkat komputer dalam bentuk PC ataupun laptop adalah perangkat yang saat ini banyak telah dimiliki dan dapat dioperasikan oleh masyarakat.

MusikTek menyediakan kursus musik digital dengan fasilitas kursus berteknologi tinggi dan kurikulumnya yang disusun untuk peserta pemula sampai dengan peserta musisi profesional.

Setelah berhasil menyelenggarakan kursus musik digital untuk para siswanya yang sekarang ini mencapai angkatan ke-25, MusikTek kini membuka peluang waralaba untuk para wirausaha yang berminat di seluruh Indonesia.

Peluang waralaba ini didukung sepenuhnya oleh MusikTek dari tahap persiapan pembukaan, pengadaan alat dan barang yang diperlukan, pengadaan SDM (Sumber Daya Manusia), sampai pada tahap operasional di mana MusikTek memberikan dukungan berkesinambungan dalam menjaga konsistensi mutu, pemasaran dan business performance agar gerai waralaba tersebut tetap menguntungkan bagi investor maupun siswa MusikTek di seluruh Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut anda? menjanjikan bukan?..
Sumber : www.wikipedia.org, www.musiktek.com, Republika Online Sabtu, 10 Januari 2009 pukul 13:28:00

Photobucket

2 komentar:

Chakra Sendi said...

Info mantap ... silahkan main ke warungku di www.dolananmusik.blogspot.com .... tak enteni ....

oghello said...

mang yg nmx musik susah untuk dhindari

Post a Comment